Berisikan Biodata dan Profil Artis Tokoh Terpopuler

Biografi Ahok Basuki Tjahaja Purnama

Biografi Basuki Tjahaja Purnama - Pria yang kerap di panggil Ahok  lahir di Gantung, Belitung Timur pada tanggal 29 Juni 1966 dan merupakan anak pertama dari pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsing. Ahok mulai hijrak ke Jakarta untuk melanjutkan SMU dan perguruan tinggi. Fakultas Teknologi Mineral merupakan jurusan yang diambilnya. Setelah mendapatkan Gelar Sarjana Teknik Geologi pada tahun 1989, Ahok pulang kampung dan mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang Kontraktor pertambangan.

Selang 2 tahun kemudian, Ahok melanjutkan kuliah nya untuk mendapatkan Gelar Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya. Beliau sempat bekerja menjadi staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan di PT Simaxindo Primadaya. 

Perjalanan Politik Ahok

Pada tahun 2004, Ahok bergabung dengan Partai Perhimpungan Indonesia Baru dan ditujuk sebagai ketua DPC untuk kabupaten Belitung. Beliau berhasil terpilih sebagai anggota DPRD kabupaten Belitung hingga masa jabatan 2009.

Pada tahun 2005, Ahok yang beragama kristen,  menjabat menjadi Bupati Belitung Timur setelah menang 37 % lebih suara rakyat. Namun pada akhir tahun 2006 tepatnya tanggal 22 Desember 2006, Ahok resmi mengundurkan diri dan menyerahkan jabatannya kepada wakilnya saat itu, Khairul Effendi

Pada Tahun 2007, pada saat itu ia mencalonkan diri menjadi Gubernur Bangka Belitung dan mendapatkan dukungan penuhd dari Gus Dur ( Abdurrahman Wahid). Akan tetapi hasilnya dia kalah dari Eko Maulana Ali. Ditahun yang sama beliau berhasil mendapatkan penghargaan sebagai tokoh anti korupsi.

Pada Tahun 2008, suami dari Veronica ini meluncurkan sebuah buku yang berjudul "Merubah Indonesia" 

Pada Tahun 2009 ayah 3 anak ini maju ke pemilu legislatif caleg dari Golkar. Dan berhasil mengantarnya duduk di komisi II DPR.

Pada Tahun 2012 berpasangan dengan Jokowi, beliau berhasil memenangkan pemilihan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tapi nasib berkata lain, sekitaran tahun 2014 karena Jokowi saat itu berhasil memenangkan PEMILU PRESIDEN, maka dengan terpilihnya JOKOWI menjadi presiden RI. Ahok secara resmi diangkat menjadi Gubernur DKI untuk menghabisi periode tugasnya.
Jokowi dan Ahok
Jokowi dan Ahok saat memenangkan PilGub DKI Jakarta

Akhir Tahun 2016, Pria yang berzodiac Cancer ini, kembali mencolonkan diri bersama dengan Djarot harus berurusan dengan hukum.

Persidangan Ahok

Berawal dari  Pidato di Kepulauan Seribu, Ahok terkena kasus dan ditetapkan menjadi tersangka penistaan agama. Hal ini membuat sebagian besar Masyarakat Muslim mengadakan demo besar yang dikenal dengan demo 212 dan diikuti oleh aksi aksi lainya. Bersamaan dengan hal ini juga, dalam kasus yang sama muncul nama Buni Yani yang telah di jadikan tersangka juga untuk kasus Video yang menjadi Viral di Facebook.
Persidangan Ahok
Persidangan Ahok terkaid dugaan penistaan agama

Sidang Pertama Ahok

Pada tanggal 13 Desember 2016, Ahok yang telah ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan penistaan agama ini disidang. Dalam sidangnya, Ahok sempat menangis saat membacakan nota keberatan. Hal ini membuat banyak sekali pro dan kontra yang menjadi perbincangan di Indonesia.Walaupun mendapatkan status tersangka, akan tetapi ahok masih bisa melakukan kampanye bersama dengan Djarot untuk maju ke Pilkada DKI Jakarta.

Sidang Ahok Terbaru

Pada tanggal 20 Desember 2016, Ahok kembali disidang untuk kedua kalinya untuk mendengarkan tanggapan jaksa atas nota keberatannya pada sidang pertama.Dan Hasilnya Jaksa penuntut umum telah sepakat untuk menolak seluruh eksepsi Ahok dan tim penasihat hukumnya. Oleh sebab itu Jaksa meminta majelis hakim yang diketuai oleh majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto melanjutkan sidang pemeriksaan perkara.

Tanggal 3 Januari 2016, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan saksi Novel Bakmumim, Gusjoy Setiawan, Muchsin Alatas, Syamsu Hilal. Muh Burhanudin berhalangan hadir karena sakit dan Nandi Naksabandi meninggal dunia pada tanggal 7 Desember lalu

Tanggal 10 Januari 2016 , Jaksa Penuntut Umum kembali menghadirkan saksi diantaranya : Pedri Kasman SP , Willyuddin Abdul Rasyid Dhani , Muhammad Burhanudin,  Irena Handono, Ibnu Baskoro

Memang Banyak pro dan kontra yang terjadi pada diri Ahok, apa yang akan terjadi pada sidang selanjutnya akan mewarnai biografi Ahok . Akankah beliau bebas dari tuntutan hukum ?

Latar Belakang Pendidikan

  • Program Pasca Sarjana Manajemen Keuangan di Sekolah Tinggi.
  • Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta, 1994.
  • Sarjana Teknik Geologi di Universitas Trisakti Jakarta, 1990.
  • SMA III PSKD Jakarta, 1984.
  • SMP No. 1 Gantung, Belitung Timur, 1981.
  • SDN No. 3 Gantung, Belitung Timur, 1977.

Penghargaan yang pernah diterima 

  • Tokoh Anti Korupsi dari Gerakan Tiga Pilar Kemitraan (KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Masyarakat Transparansi Indonesia), 2007.
  • Salah satu dari 10 Tokoh yang Mengubah Indonesia, Majalah Tempo, 2006.
  • Gold Pin, Fordeka (Forum Demokrasi), 29 Oktober 2006.

Last update 11 Januari 2017
Diambil dari berbagai media

Nah telah kalian baca informasi mengenai Biografi Ahok Basuki Tjahaja Purnama, semoga dengan adanya biografi Basuki Tjahaja Purnama ini dapat membantu anda mendapatkan informasi tentang diri Ahok. Terima kasih
Labels: A, Tokoh

Terima kasih telah membaca tentang Biografi Ahok Basuki Tjahaja Purnama. Jangan lupa dibantu Share yah !!!

Back To Top